03 August 2009

Pelajaran Manajemen farmasi

Pengertian Admistrasi
1.Pengertian admistrasi
Dilihat dari asal katanya(etimologi),kata admistrasi dalam bahasa inggris administration,berasal dari kata adrimistrate(bahasa latin) yaitu suatu kata kerja yang berarti melayani,membantu,dan memenuhi.Sering pula diartikan ad yaitu intensif dan ministrate yang berarti melayani. jadi,admistrasi berarti melayani secara intensif
Pengertian sempit
Administrasi berasal dari bahasa Belanda admisnistratie yang artinya suatu pekerjaan ketatausahaan dan kesekertarisan. secara singkat dapat dinyatakan bahwa administrasi diartikan tata usaha yaitu segala kegiatan yang berkaitan dengan menghimpun,mencatat,mengolah,menggandakan,mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam kantor.
pengertian luas
administrasi dapat didefinisikan proses penyelenggaraan usaha,kerja sama dari sekelompok orang (dua atau lebih)berdasarkan tingkat pemikiran tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
admistrasi dapat dilihat dari tiga sudut yaitu:
a.sudut proses
Administrasi adalah keseluruhan proses yang meliputi kegiatan pemikiran-pemikiran,pengaturan-pengaturan yang dimulai dari penentuan tujuan sampai dengan pelaksanaan sehingga mencapai tujuan
b.Sudut fungsional
Administrasi adalah keseluruhan fungsi yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang atau kelompok-kelompok menurut fungsinya untuk mencapai tujuan.
c.Sudut institusional
administrasi adalah keseluruhan orang-orang,baik orang per orang atau kelmpok-kelompok yang menjalankan kegiatan-kegiatan ke arah tercapainya tujuan.
orang yang dimaksud adalah:
Adrimistrator adalah mereka yang menetapkan kebijaksanaan atau tujuan
Manajer adalah mereka yang memimpin pelaksanaan kerja serta mengerahkan segala fasilitas kerja untuk mencapai tujuan.
staff/pembantu ahli adalah merekan yang membantu administrator atau manajer berdasarkan keahliannya
Pekerja (worker) adalah mereka yang melaksanakan pekerjaan secara langsung di bawah perintah manajer.

No comments:

Post a Comment

komentar

HTML Comment Box is loading comments...

[>|<] last page [>|<]