19 September 2010

Hari kemenangan

Kumandang Takbir kian menggelora tanpa henti terus saja bersambut,inilah Hari kemenangan yang mungkin bukan saya saja yang menunggu kedatanganya.
Ribuan warga memadati komplek masjid tak ayal saya yang datang pada injury time tidak mendapati tempat yg nyaman
Sholat ied dilaksanakan,seluruh makmum mengikuti imamnya seluruh rukun telah diamalkan hingga salam pertanda akhir sholat diucapkan sepulang itu dengan reflek berselancar di dunia maya dan membaca tentang
berisikan Himbauan
PBNU Ajak Umat Islam Berlebaran Secara Sederhana

Jakarta (voa-islam.com) - Maraknya budaya konsumtif terutama dalam menyambut momentum setiap lebaran membuat para ulama prihatin. Tidak seharusnya pola hidup semacam itu dilestarikan usai menjalani ibadah puasa. Salah satunya datang dari Ketum PBNU yang prihatin dan mengajak agar umat Islam tidak berlebih-lebihan dalam berlebaran.

"Lebih baik dirayakan secara sederhana agar bisa menolong saudara yang lain yang kurang beruntung yang kebetulan jumlahnya sangat banyak,"

..."Lebih baik dirayakan secara sederhana agar bisa menolong saudara yang lain yang kurang beruntung"...

, umat muslim di Indonesia masih membutuhkan bimbingan dalam merayakan Idul Fitri, agar tidak terjerumus dalam pola hidup isyrof (berfoya-foya)."Agama senantiasa menganjurkan agar kaum muslimin selalu bersikap zuhud,"
juga menganjurkan kepada umat muslim agar meningkatkan tali silaturrahim dengan mengunjungi sanak saudara, sahabat, dan kaluarga. "Langkah ini penting untuk mengatasi semangat individualisme yang telah mengarah pada disintegrasi sosial,"
Bisa Saja Berlebaran Tanggal 9 September
Ketum PBNU menyatakan, kemungkinan Lebaran tahun ini berbeda sangat besar.

Hal itu berdasarkan pada hadits nabi yang memerintahkan umat muslim mulai berpuasa dan berlebaran apabila telah melihat hilal (bulan). "Dalam hadits Bukhari Muslim disebutkan puasa itu satu bulan atau 29 hari. Namun apabila hilal tidak terlihat maka digenapkan menjadi 30 hari," ujarnya di PBNU, Sabtu (4/9/2010).

metode hisab, sama seperti PP Muhammadiyah. Dengan metode itu diketahui Lebaran pasti jatuh pada 10 September.

"Tapi dalam hadits ditegaskan bukan ada atau tiadanya hilal. Melainkan hilal sudah bisa dilihat atau belum," ungkapnya.

Seperti diketahui, PP Muhammadiyah telah terlebih dulu menetapkan 1 Syawal jatuh pada 10 September. Begitu pula dengan kalender pemerintah. "Soal ketetapannya akan diputuskan setelah dilakukan rukyatul hilal pada 8 Septermber

No comments:

Post a Comment

komentar

HTML Comment Box is loading comments...

[>|<] last page [>|<]